Ukuran dan Spesifikasi Iklan Facebook 2025

Berapa ukuran gambar dan video untuk menjalankan iklan melalui FB Ads? Ukuran dan spesifikasi iklan Facebook memang sering berubah, maka jika Anda ingin memasang iklan di facebook tentu harus menyesuaikan. Jika tidak menyesuaikan tentu hasilnya tidak akan optimal atau sangat mungkin pesan yang Anda inginkan tidak tersampaikan

Nah, dalam tulisan berikut admin tuliskan secara lengkap spesifikasi iklan Facebook. Dengan mengikuti panduan ini harapannya iklan tersebut ditampilkan dengan sempurna di seua platform sehingga pengguna berinteraksi dengan iklan Anda dan mengambil tindakan.

Mari kita bahas semua format iklan Facebook.

1. Ukuran Iklan Video Facebook

Video saat ini merupakan jenis konten #1 yang dikonsumsi pengguna media sosial. 66% orang percaya bahwa video berdurasi pendek merupakan jenis konten yang paling menarik di jejaring sosial. Untuk memenuhi keinginan pengguna akan video, Facebook telah memperkenalkan banyak format video berdurasi pendek, dan juga jenis iklan video untuk membantu pengiklan meningkatkan keterlibatan.

Jika Anda ingin membuat iklan video dengan konversi tinggi, ikuti kiat-kiat ini dan spesifikasi kreatif Facebook yang direkomendasikan.

Tips iklan video Facebook

  • Karena 98,5% dari semua pengguna mengakses Facebook dari perangkat seluler, platform tersebut menyarankan merek untuk mendesain iklan yang mengutamakan perangkat seluler .
  • Gunakan format iklan video vertikal atau persegi untuk menutupi layar sepenuhnya. Facebook merekomendasikan penggunaan rasio aspek 4:5.
  • Berkonsentrasilah pada lima detik pertama. Itulah waktu yang Anda miliki untuk meyakinkan pengguna Facebook bahwa iklan Anda layak ditonton.
  • Tempatkan identitas produk atau merek Anda di pusat perhatian.
  • Ciptakan hubungan emosional dengan audiens Anda. Anda dapat mencapainya dengan mengarahkan karakter iklan Anda untuk menatap langsung ke kamera, atau menggunakan soundtrack atau alur cerita yang emosional.
  • Jadikan konten video Anda menarik. Gunakan visual untuk menunjukkan produk atau layanan Anda dalam tindakan.
  • Tambahkan teks atau subtitel pada hamparan untuk aksesibilitas.
  • Buat video Anda untuk ditonton tanpa suara, karena sebagian besar orang menonton video dengan suara dimatikan secara default.

Ukuran iklan video feed Facebook

Format iklan video ini muncul di umpan pengguna, yang merupakan hal pertama yang dilihat orang saat masuk ke Facebook, artinya pembaruan status, foto, dan video dari keluarga dan teman, selebritas, atau grup.

Agar iklan video Anda diperhatikan di lingkungan yang penuh sesak ini, Anda perlu membuat video yang luar biasa dan sangat optimal.

Ikuti spesifikasi iklan Facebook berikut:

Gambar

Ukuran dan spesifikasi iklan video Facebook yang direkomendasikan:

  • Jenis file yang diterima: MP4, MOV, GIF
  • Rasio aspek: 1:1 (untuk desktop atau seluler), dan 4:5 (hanya untuk seluler)
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080 piksel
  • Teks video: opsional tetapi disarankan
  • Suara video: opsional tetapi direkomendasikan
  • Durasi video: dari 1 detik hingga 241 menit
  • Batasan ukuran unggahan video Facebook: 4GB
  • Lebar minimum: 120 piksel
  • Tinggi minimum: 120 piksel

Rekomendasi teks:

  • Teks utama: 125 karakter
  • Judul: 27 karakter
  • Deskripsi: 27 karakter

Ukuran iklan video in-stream Facebook

Facebook akan menampilkan iklan video in-stream Anda sebelum, selama, dan setelah video. Iklan ini muncul di desktop dan perangkat seluler, dan akan mulai hanya 15 detik setelah video utama dimulai.

Iklan video in-stream juga dapat dilewati setelah lima detik pertama.

Gmbr

Ukuran, rasio aspek, dan durasi yang disarankan

  • Jenis file yang diterima: MP4, MOV, GIF
  • Rasio aspek: 16:9 atau 1:1
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080 piksel
  • Durasi: 5 hingga 15 detik (untuk desktop); 5 detik hingga 10 menit (untuk seluler)
  • Teks video: direkomendasikan tetapi opsional
  • Suara: direkomendasikan tetapi opsional
  • Batasan ukuran unggahan video Facebook: 4GB

Rekomendasi teks:

  • Teks utama: 125 karakter
  • Judul: 40 karakter
  • Ukuran iklan video artikel instan Facebook
  • Iklan video artikel instan terbuka dalam aplikasi, dalam lingkungan Artikel Instan.

Ukuran, rasio aspek, dan durasi yang disarankan:

  • Jenis file yang diterima: MP4, MOV, GIF
  • Lebar minimum: 120 piksel
  • Tinggi minimum: 120 piksel
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080
  • Rasio video: 16:9
  • Batasan ukuran unggahan video Facebook: 4GB
  • Durasi: 1 detik hingga 241 menit

Gambar

2. Ukuran Gambar Iklan Facebook

Saat membuat iklan gambar untuk feed Facebook, perlu diingat bahwa iklan Anda akan muncul di samping kiriman keluarga dan teman pengguna, selebritas favorit, pembaruan influencer, atau diskusi grup. Jadi, Anda memiliki pesaing yang nyata.

Ikuti panduan ini untuk memastikan Anda mendesain iklan gambar Facebook yang tampak hebat.

Ukuran Iklan Gambar Facebook

Tips iklan gambar Facebook

  • Gunakan gambar berkualitas tinggi dan unik serta menarik perhatian untuk memastikan iklan Anda menarik perhatian pengguna dan membujuk mereka untuk mengklik.
  • Sertakan produk Anda dalam visual. Pastikan produk Anda selalu menjadi pusat perhatian.
  • Optimalkan ukuran berkas gambar Anda untuk menghindari iklan Anda terpotong, terdistorsi, atau lebih buruk lagi, ditolak oleh Facebook.
  • Uji berbagai format gambar untuk membangkitkan emosi yang berbeda dan menarik perhatian orang dengan cara yang unik. Ini memastikan merek Anda menciptakan pengalaman merek yang berkesan, yang pada akhirnya dapat membangun kesadaran merek.

Berapa dimensi yang direkomendasikan untuk iklan gambar Facebook? Berikut ini adalah:

Ukuran dan rasio aspek iklan Facebook:

  • Jenis file yang diterima: JPG atau PNG
  • Rasio aspek: 1,91:1 hingga 1:1
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080 piksel
  • Ukuran berkas: maksimum 30MB
  • Lebar minimum: 600 piksel
  • Tinggi minimum: 600 piksel

Rekomendasi teks

  • Teks utama: 125 karakter
  • Judul: 27 karakter
  • Deskripsi: 27 karakter

Dengan iklan carousel , Anda dapat menampilkan dua atau lebih gambar atau video dalam iklan yang sama. Format ini memungkinkan pengiklan untuk menambahkan teks, URL, dan ajakan bertindak untuk setiap gambar/video.

Anda bahkan dapat menceritakan sebuah kisah menggunakan beberapa gambar. Tidak heran iklan carousel 10x lebih menarik daripada iklan statis .

  • Gunakan format ini untuk menceritakan kisah merek Anda melalui banyak gambar.
  • Pamerkan produk, layanan, atau acara Anda. Setiap produk/layanan dapat mengarahkan pengguna ke halaman arahan tertentu.
  • Pamerkan lebih banyak fitur suatu produk, menggunakan gambar yang diambil dari berbagai sudut.
  • Rasio aspek terbaik untuk video dalam iklan carousel adalah 1:1.
  • Pertahankan gaya visual yang konsisten di semua kartu carousel.

Ukuran dan rasio aspek yang disarankan:

  • Jenis file yang diterima: JPG, PNG untuk gambar; MP4, MOV, atau GIF untuk video
  • Rasio aspek: 1:1
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080 piksel
  • Jumlah kartu carousel: 2 hingga 10
  • Ukuran file gambar maksimum: 30MB
  • Ukuran file video maksimum: 4GB
  • Durasi video: 1 detik hingga 240 menit

Rekomendasi teks:

  • Teks utama: 125 karakter
  • Judul: 32 karakter
  • Deskripsi: 18 karakter
  • URL halaman landing diperlukan

4. Dimensi Iklan Facebook Story

Iklan Stories adalah gambar, video, atau korsel layar penuh yang muncul saat pengguna menonton Stories di Facebook. Iklan ini merupakan cara yang bagus bagi merek untuk berbagi konten merek yang unik dan melibatkan pengikut. Menurut Facebook, iklan Stories mendorong tindakan .

Dimensi dan spesifikasi iklan story Facebook

Tips story Facebook:

  • Tarik perhatian orang sejak frame pertama.
  • Saat Anda membuat iklan Stories, rancang iklan Anda menggunakan format vertikal layar penuh.
  • Gunakan beberapa adegan, tetapi buatlah singkat dan cepat.
  • Jika Anda memilih untuk menggunakan gambar, tambahkan gerakan ke gambar statis Anda.
  • Gunakan visual dan hamparan teks yang kuat.
  • Integrasikan branding Anda secara menyeluruh. Tempatkan brand Anda di bagian depan, dan pesan utama di adegan pertama.
  • Memanfaatkan elemen interaktif (seperti jajak pendapat, kuis, atau tautan geser ke atas) untuk mendorong pengguna mengambil tindakan yang diinginkan.
  • Tempatkan teks di tengah untuk menarik perhatian.

Ukuran dan rasio aspek yang disarankan:

  • Jenis file yang diterima: JPG dan PNG untuk gambar; MP4, MOV atau GIF untuk video
  • Rasio aspek: 9:6 untuk gambar; 9:16 untuk video
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080 piksel
  • Pertimbangkan untuk menyisakan 14% (250 piksel) bagian atas dan 20% bagian bawah (340 piksel) bebas dari teks, logo, atau elemen lain, untuk menghindari menutupinya dengan ajakan bertindak.
  • Ukuran file maksimum: 30MB untuk gambar; 4GB untuk video
  • Lebar minimum: 500 piksel
  • Durasi video: dari 1 detik hingga 2 menit

Rekomendasi teks:

  • Teks utama: 125 karakter
  • Judul: 40 karakter

5. Ukuran Iklan Koleksi Facebook

Iklan koleksi merupakan undangan untuk melihat katalog produk toko daring. Iklan ini merupakan format iklan khusus seluler dengan gambar sampul atau video, diikuti oleh tiga gambar produk lainnya.

Saat seseorang mengklik iklan, Pengalaman Instan akan muncul, yang sebenarnya merupakan laman landas yang dibuat untuk lebih membina pengguna dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

Format iklan ini memudahkan pengguna Facebook untuk menemukan, menelusuri, dan membeli produk atau layanan dari dalam platform sambil menjelajah di ponsel mereka.

Ini juga merupakan cara hebat bagi merek untuk memamerkan produk dan layanan mereka.

Ukuran dan spesifikasi iklan koleksi Facebook

Tips iklan koleksi Facebook:

  • Pilih gambar sampul atau video yang menarik perhatian.
  • Tampilkan produk paling penting atau populer atau soroti fitur utama penawaran Anda.
  • Uji susunan kartu yang berbeda-beda.
  • Pilih fitur Dinamically selected untuk memungkinkan Meta memilih produk mana yang akan ditampilkan.
  • Produk akan dicantumkan berdasarkan popularitas atau kemungkinan pembeliannya.
  • Dorong pengguna untuk mengambil tindakan, dengan tombol ajakan bertindak seperti Belanja Sekarang , Pelajari Lebih Lanjut, atau Temukan .

Ukuran dan rasio aspek yang disarankan :

  • Jenis file yang diterima: JPG dan PNG untuk gambar; MP4, MOV atau GIF untuk video
  • Rasio aspek: 1:1
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080 piksel
  • Ukuran file maksimum: 30MB untuk gambar; 4GB untuk video

Rekomendasi teks:

  • Teks utama: 125 karakter
  • Judul: 40 karakter
  • URL halaman arahan diperlukan untuk Pengalaman Instan

6. Ukuran Iklan Kolom Kanan Facebook

Iklan di kolom kanan hanya akan ditampilkan di perangkat desktop. Umumnya, iklan ini muncul di sisi kanan halaman Facebook, tetapi dapat juga ditampilkan di tempat lain di Facebook.

Ukuran dan spesifikasi iklan kolom kanan Facebook

Tips iklan kolom kanan Facebook:

  • Buatlah salinan iklan yang ringkas dan langsung ke intinya. Iklan di kolom kanan memiliki ruang terbatas untuk teks.
  • Gunakan gambar berkualitas tinggi dan grafik menarik untuk menarik minat orang.
  • Soroti manfaat atau penawaran promosi produk Anda.
  • Jadikan logo merek Anda terlihat.
  • Uji beberapa variasi iklan kolom kanan Anda dengan visual, judul, atau salinan iklan yang berbeda.

Ukuran dan rasio aspek yang disarankan :

  • Jenis file yang diterima: JPG dan PNG untuk gambar; MP4, MOV, dan GIF untuk video
  • Rasio aspek: 1:1; 4:5 untuk video (hanya untuk perangkat seluler)
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080 piksel
  • Lebar minimum: 254 piksel
  • Tinggi minimum: 133 piksel
  • Durasi video: 1 detik hingga 241 menit
  • Batas ukuran unggahan video Facebook (ukuran file maksimum): 4GB

Rekomendasi teks:

  • Judul: 40 karakter
  • Teks pada gambar tidak disarankan karena ukuran iklannya kecil

7. Ukuran Iklan Facebook Marketplace

Facebook Marketplace adalah tempat yang dituju orang-orang yang ingin membeli produk dari penjual lokal, atau bahkan dari seluruh dunia.

Dengan iklan Marketplace, pengiklan dapat menjangkau pengguna yang sudah berminat membeli sesuatu secara daring.

Iklan Marketplace Anda akan muncul di samping produk atau layanan relevan lainnya, dan orang-orang dapat mengeklik iklan Anda dan langsung membuka situs web Anda, atau melihat detailnya di Marketplace.

Ukuran iklan marketplace Facebook

Tips iklan marketplace Facebook:

  • Gunakan foto berkualitas tinggi.
  • Pamerkan produk Anda.
  • Berikan deskripsi barang Anda secara akurat dan terperinci.
  • Harga kompetitif.

Ukuran dan rasio aspek yang disarankan :

  • Jenis file yang diterima: JPG dan PNG
  • Rasio aspek: 1:1
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080 piksel
  • Ukuran file maksimum: 30MB untuk gambar

Rekomendasi teks:

  • Teks utama: 125 karakter
  • Judul: 40 karakter
  • Deskripsi: 30 karakter

8. Ukuran Iklan Pesan Bersponsor Facebook

Dengan Pesan Bersponsor, Anda dapat mengirimkan penawaran dan pembaruan di Messenger kepada orang-orang yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan bisnis Anda.

Format iklan ini adalah cara hebat untuk melibatkan kembali pelanggan dan memelihara hubungan.

Ukuran dan spesifikasi iklan pesan bersponsor Facebook

Tips iklan pesan bersponsor:

  • Menyapa orang lain dan berhubungan dengan mereka.
  • Tarik perhatian Anda dengan kalimat pembuka yang menarik.
  • Berikan diskon eksklusif, kiat bermanfaat, atau informasi relevan yang mendorong pengguna untuk terlibat dan melanjutkan percakapan.
  • Gabungkan balasan cepat, tombol, atau elemen interaktif untuk memfasilitasi alur percakapan yang lancar dan menarik.

Ukuran dan rasio aspek yang disarankan :

  • Jenis file yang diterima: JPG atau PNG
  • Rasio aspek: 9:16 hingga 16:9
  • Teks: 125 karakter
  • Saat Anda menambahkan URL situs web, rasio aspek berubah menjadi 1,91:1, dengan 25 karakter untuk judul, dan 30 karakter untuk deskripsi.

9. Iklan Cerita Facebook Messenger

Iklan cerita Messenger adalah iklan vertikal layar penuh yang muncul di antara cerita Messenger organik. Gambar dalam cerita Messenger akan ditampilkan selama lima detik atau hingga pengguna memutuskan untuk menggeser keluar dari iklan.

Spesifikasi iklan cerita Facebook Messenger

Tips iklan cerita Facebook Messenger:

  • Tempatkan merek Anda di depan, tepat di bingkai pertama.
  • Pilih gambar atau video yang menarik secara visual yang menarik perhatian dan mengomunikasikan pesan Anda secara efektif.
  • Tambahkan ajakan bertindak yang kuat untuk memotivasi orang agar mengambil tindakan.
  • Gunakan beberapa adegan dan alur yang cepat.
  • Tambahkan musik untuk menyempurnakan cerita Anda.

Ukuran dan rasio aspek yang disarankan :

  • Jenis file yang diterima: JPG atau PNG
  • Rasio aspek: 9:16
  • Resolusi: minimal 1080 x 1080 piksel
  • Sisakan 14% (250 piksel) bagian atas dan bawah bebas dari teks dan logo untuk menghindari menutupi elemen-elemen ini dengan ajakan bertindak
  • Ukuran berkas maksimum: 30MB
  • Lebar minimum: 500 piksel

Rekomendasi teks:

  • Teks utama: 125 karakter
  • Judul: 40 karakter

Ukuran Iklan Facebook yang Selalu Terkini

Gunakan ukuran iklan Facebook ini untuk membuat kampanye Facebook yang sempurna dan menghindari penolakan iklan Anda.

Demikian tulisan tentang spesifikasi ukuran iklan facebook yang bersumber dari Creatopy. Semoga membantu Anda memaksimalkan keterlibatan, mendapatkan lebih banyak klik, dan mengubah calon pelanggan menjadi pembeli.

 

Seorang yang tertarik dengan dunia internet marketing. Saat ini mengelola beberapa blog dengan berbagai niche sebagai sarana berbagi informasi

You might also like
Manfaat Mode Profesional Facebook untuk Bisnis Kecil dan Freelancer

Manfaat Mode Profesional Facebook untuk Bisnis Kecil dan Freelancer

Tips Meningkatkan Jangkauan dan Interaksi Fecebook Pro

Tips Meningkatkan Jangkauan dan Interaksi Fecebook Pro

Studi Kasus: Kreator dan Pebisnis yang Sukses Gunakan Mode Profesional Facebook

Studi Kasus: Kreator dan Pebisnis yang Sukses Gunakan Mode Profesional Facebook

Apa Itu Mode Profesional di Facebook? Penjelasan Lengkap dan Fungsinya

Apa Itu Mode Profesional di Facebook? Penjelasan Lengkap dan Fungsinya