5 Tools Gratis Teratas Untuk Mengukur Engagement Instagram

Diposting pada

Engagement merupakan faktor kunci untuk mengukur sebuah akun Instagram. Untuk itulah mengapa kamu membutuhkan kalkulator Engagement Instagram. Kalkulator instagram berikut dapat kamu gunakan untuk menganalisa kompetitor maupun saat ingin mempromosikan produk melalui akun Instagram lain

Sebagai gambaran, ada kasus yang terjadi dimana satu perusahaan ingin mencari influencer untuk mempromosikan produknya. Mereka memberikan penawaran harga yang lebih tinggi untuk akun yang memiliki 586k pengikut dan penawaran harga yang lebih rendah untuk yang memiliki 1,11 juta pengikut. Mengapa demikian? Tentu saja pengikut itu penting, namun dalam kasus ini, keterlibatan atau engagement juga penting.

Pengertian Engagement di Instagram

Lalu apa sih sebenarnya engagement itu? Komentar dalam postingan kamu? Atau berapa banyak orang yang follow akun kamu? Engagement di Instagram ternyata bukan hanya itu saja. Instagram engagement merupakan keterlibatan, ketertarikan dan interaksi dari followers terhadap foto, video, Instagram stories dan segala konten yang kamu bagikan di Instagram.

Rasio engagement yang baik tentunya akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan akun Instagram dan pemasaran bisnis online. Follower pun tentu akan merasa ada hubungan yang lebih personal jika engagement akun Instagram terjaga dengan baik. Mereka akan merasa lebih diperhatikan terhadap apa yang mereka butuhkan melalui interaksi yang terjadi.

Tidak heran jika banyak pemasang iklan yang berani memberikan penawaran harga yang lebih tinggi untuk akun yang memiliki rasio engagement yang baik.

Cara Menghitung Engagement Instagram?

Bagaimana cara menghitung Engagement? Rumusnya adalah ((suka + bagikan + komentar) / (total pengikut)) x 100. Namun, cukup sulit untuk melakukan aritmatika ini karena setiap kali datanya berubah. Oleh karena itu, kamu membutuhkan tools untuk melakukan ini, khususnya bagi kamu yang sedang melakukan promosi pasar.

Berapa Engagement yang Baik di Instagram?

Engagement rata-rata di Instagram adalah sekitar 3%. Oleh karena itu, jika rasio Anda atau seseorang mencapai 3%, datanya bagus.

Berikut ini adalah standar engagement rate (ER) yang bisa kamu jadikan acuan.

  • Er <1% = ER rendah
  • 1% <ER <3% = rata-rata / ER baik
  • 3% <ER <6% = ER tinggi
  • ER> 6% = ER sangat tinggi

Instagram memiliki 500+ juta pengguna aktif yang menjadikannya salah satu platform khusus untuk pemasaran media sosial. Siapa pun kamu, penting untuk menghitung Engagement. Berikut 5 tools teratas untuk menghitung Engagement Instagram.

Phlanx

Phlanx adalah platform pemasaran yang bisa kamu gunakan untuk mengukur engagement Instagram. Tools ini dapat menghitung engagement di Instagram, YouTube, Facebook, Twitch, Twitter, dan TikTok, tetapi topik utama hari ini adalah Instagram.

Mari kita lihat cara menggunakannya.

  1. Masuk ke situs Phlanx, di bagian atas halaman, kamu akan melihat “Platform”.
  2. Ikuti urutan ini untuk menggunakan kalkulator: Platform> Kalkulator Keterlibatan> Kalkulator Keterlibatan Instagram.
  3. Setelah kamu masuk ke halaman kalkulator, masukkan nama Ins yang ingin kamu ukur dan klik analisis.

Terakhir, kamu akan mendapatkan nilai, termasuk rata-rata per suka dan komentar. Algoritmanya ditentukan oleh kumpulan postingan terbaru, mengukur interaksi rata-rata, dan membandingkannya dengan pengikut keseluruhan di akun Instagram.

Kelebihan:

  • Uji coba gratis 30 hari.
  • Mendukung berbagai analisis platform.
  • Berikan Engagement rata-rata untuk referensi.
  • Tidak ada verifikasi.
  • Bisa login dengan Facebook.
  • Tidak ada batasan pengikut.

Kekurangan:

  • Tools ini memiliki alat langsung untuk menghitung ER di beranda, tetapi satu akun hanya dapat mencari tiga kali

Hypeauditor

Hypeauditor dapat melacak statistik dan mendapatkan wawasan tentang Instagram, YouTube, dan TikTok. Untuk Instagram, tools ini memiliki database dengan lebih dari 12 juta influencer dan menyediakan 35+ metrik untuk pemeriksaan Influencer. Saat menganalisis engagement, tools ini tidak hanya memberi kamu peringkat tetapi juga memberi peringatan jika ada aktivitas penipuan.

Kelebihan:

  • Dapat mendeteksi aktivitas penipuan.
  • Banyak fitur tambahan.
  • Gratis untuk digunakan jika kamu hanya ingin mengetahui Engagement.

Kekurangan:

  • Untuk membuka lebih banyak fungsi, kamu harus meningkatkan akun kamu
  • Pengikut Instagram harus mencapai 1000.

Inbeat

Dengan tools ini kamu bisa mendapatkan banyak data tentang profil Instagram, termasuk Engagement, suka rata-rata, komentar per 1000 suka, pengikut, mengikuti dan posting, dll. Tools ini juga memberi kamu grafik sehingga kamu dapat melihat perubahan suka dan komentar. Jika kamu yang ingin meningkatkan engagement IG, kamu akan tahu segmen mana yang salah. Atau, jika kamu adalah sponsor, kamu akan mendapatkan statistik tentang influencer yang ingin kamu ajak bekerja sama. Tools ini menghitung keterlibatan pengguna Instagram dengan membuat suka dan komentar rata-rata dari 12 posting terakhir.

Kelebihan:

  • Gratis untuk digunakan.
  • Tidak meminta email atau memberi watermark pada laporan
  • Menyediakan lebih dari 9 jenis data.
  • Kamu dapat menemukan pemberi pengaruh serupa di kalkulator
  • Dapat melompat ke halaman Instagram dengan mengklik / mengetuk profil atau posting.
  • Menunjukkan posting terbaru.

Kekurangan:

  • Butuh waktu lama untuk menganalisisnya.
  • Tidak dapat menganalisis jika pengikut kurang dari 1.000.

Mightyscout 

Mightyscout adalah situs yang dibangun untuk melacak pengikut Instagram. Meskipun dibayar untuk melacak pengguna Instagram, tools ini 100% gratis untuk semua orang. Mudah digunakan, kamu hanya perlu memasukkan nama Instagram dan kamu akan mendapatkan statistik. Jika kamu ingin mengunjungi IG seseorang tanpa akun, tools ini juga merupakan pilihan yang baik karena menyediakan 9 kiriman terbaru dari akun tersebut. Selain untuk Engagement, tools ini juga memberi kamu rasio komentar dan suka.

Kelebihan:

  • Tidak ada batasan pengikut.
  • Analisis cepat.
  • Bisa lompat ke Instagram dari halaman itu.
  • Tidak perlu mendaftar.

Kekurangan:

  • Lebih sedikit fitur tambahan.

Nitreo

Yang terakhir adalah Nitreo. Sama seperti Mightyscout, kamu hanya perlu mengetikkan nama akun Instagram untuk memulai. Namun, saat mulai menganalisis, tools akan menanyakan alamat email. Tools ini menghitung Engagement di seluruh posting, suka, dan komentar pengguna. Engagement dari akun IG yang sama lebih tinggi daripada tingkat Phlanx. Hal itu karena jumlah posting yang mereka hitung berbeda. Nitreo gratis dan memberi Anda tarif rata-rata berdasarkan jumlah pengikut.

Kelebihan:

  • Tidak ada batasan pengikut.
  • Hasilnya akan muncul dalam 30 detik.

Kekurangan:

  • Email diperlukan.
  • Tidak tahu berapa banyak pos yang dihitungnya.

Sekian dulu artikel tentang 5 Tools Gratis Teratas Untuk Mengukur Engagement Instagram. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *