Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Pilar Utama Manajemen SDM


Sebuah idiom umum di dunia manajemen kinerja mengatakan bahwa kita tidak dapat memperbaiki jika kita tidak dapat mengukurnya. 

Ukuran atau parameter dibutuhkan sebagai titik awal langkah perbaikan organisasi di masa depan. 

Ada 7 Pilar Manajemen SDM yang bisa dijadikan tolak ukur lembaga zakat untuk mempersiapkan 2020:

Pilar 1 Recruitment Management (Manajemen Rekrutmen)

Pilar ini membahas bagaimana organisasi mengelola rekrutmen mulai dari mencari kandidat, seleksi, perekrutan, hingga monitoring akan kesamaan perlakuan terhadap semua kandidat.

Pilar 2 People Devolepment (Pengembangan Manusia)

Berbicara tentang pengembangan manusia atau karyawan, dimulai dari pemetaan  potensi dan aspirasi, rencana karier individu, rencana pengembangan individu, perencanaan suksesi, program pengembangan, manajemen pengetahuan hingga pengaturan biaya dan jadwal waktunya.

Pilar 3 Organization Development (Pengembangan Organisasi)

Implementasi pengembangan organisasi ditinjau dari perspektif HRD, seperti integrase HRD dalam produktivitas organisasi, desain dan struktur organisasi, system manajemen. 

Dengan semakin seringnya antar lembaga zakat bersinergi, maka dapat membawa insight untuk kemajuan lembaga masing-masing.

Pilar 4 Performance Management (Manajemen Kinerja)

Dalam pilar ini membahas mulai dari kebijakan dan system manajemen kinerja, perencanaan dan tinjauan kinerja, evaluasi atau penilaian kinerja, hingga reward dan punishment. 

Jika tidak ada manajemen kinerja, maka pengambilan keputusan dalam suatu lembaga akan sering dilakukan tidak berdasarkan kepada parameter atau data yang jelas dan akurat.

Pilar 5 Reward Management (Manajemen Penghargaan)

Pilar ini berkaitan dengan manajemen kinerja, ke duanya saling menopang. Penerapan kinerja yang baik akan sangat mungkin menghadirkan manajemen penghargaan yang baik juga.  

Di dalam pilar ini ditelaah mengenai penerapan prinsip keadilan/persamaan perlakuan karyawan di dalam organisasi/perusahaan.

Pilar 6 Industrial Relation (Hubungan Industri)

Pilar ini melihat bagaimana organisasi mengelola pola komunikasi dan aspirasi karyawan, pengelolaan hubungan baik dengan karyawan, komunikasi dengan pihak eksternal, identifikasi dan Analisa peraturan yang berlaku. 

Pilar 7 Termination Management (Penghentian Karyawan)

Pilar ini membahas Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK) dan Masa Persiapan Pensiun (MPP).

Sumber Sekolah: Amil Indonesia