Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Pendaftaran SMK Gratis Smart Informatika Solopeduli Tahun 2019/2020 (PPDB SMK IT Smart Informatika)

Informasi Pendaftaran SMK Gratis Smart Informatika Solopeduli Tahun 2019/2020 (PPDB SMK IT Smart Informatika)


Informasi pendaftaran SMK Gratis Solopeduli Tahun 2020 klik disini

YAYASAN SOLO PEDULI 
SMK IT SMART INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Islami - Terampil - Mandiri


JI. Srigunting VII No. 9 Gremet Rt. 04/Rw. XI Manahan, Surakarta Telp. 0271-733760
E-mail:smk@smkitsi.sch.id I Web: www.smkitsi.sch.id


PENGUMUMAN  No.101 /PAN.PPDB/SMK IT SUX1/2018

Sehubungan dengan adanya Pendataan Peserta Didik Baru SMKIT Smart Informatika Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020, perlu kami sampaikan bahwa pada tahun pelajaran 2019/2020 SMKIT Smart Informatika Surakarta akan mendata peserta didik sebanyak 60 peserta didik (30 peserta didik putra dan 30 peserta didik putri). Dengan mekanisme sebagai berikut:

I. PERSYARATAN UMUM

1. Beragama Islam.
2. Dhuafa'/kurang mampu.
3. Peserta didik kelas IX SMP/MTs yang dinyatakan lulus pada tahun 2019 atau telah lulus SMP/sederajat sebelum tahun 2019.
4. Berumur maksimal 18 tahun pada 1 Juli 2019.
5. Bisa membaca Alquran.
6. Tidak merokok dan tidak terlibat narkoba.
7. Sehat dan tidak buta warna.
8. Melampirkan salah satu prestasi pendukung (jika ada) seperti berikut:
a. Juara I, II, dan III pada lomba kejuaraan ilmiah/ non-ilmiah, paling rendah tingkat kecamatan (yang diakui oleh Dinas Pendidikan setempat) pada waktu menjadi peserta didik SMP/ sederajat, baik perorangan maupun beregu.
b. Piagam/ penghargaan pada lombal kejuaraan selama menjadi peserta didik SMP/ sederaj at
c. Mempunyai hafalan minimal 1 juz, dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah/ lembaga terkait.

II. PERSYARATAN ADMINISTRASI


1. Formulir pendaftaran yang telah ditandatangani siswa dan orang tua.
2. Mengisi formulir surat keterangan tidak mampu dari takmir masjid setempat dan berstempel (formulir terlampir)
3. Surat rekamendasi dari sekolah asal yang ditandatangi oleh guru BK atau Wali Kelas.
4. Fotokopi slip gaji orang tua atau mengisi formulir keterangan pendapatan orang tua diketahui oleh RT setempat dan dibubuhi stempel RT (formulir terlampir).
5. Melampirkan Surat Kelayakan Mustahik (SKM) yang sudah diisi (formulir terlampir).
6. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) terbaru 2 rangkap.
7. Melampirkan cetak foto rumah minimal 5 (tampak depan, ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan foto bersama keluarga di depan rumah) dan diberi identitas
8. Fotokopi rapor SMP/MTs kelas VII s.d kelas IX (semester 1 s.d 5) dengan nilai rata-rata > 75 yang sudah dilegalisir.
9. Bagi lulusan sebelum 2018 menyertakan fotokopi ijazah dan daftar nilai Ujian Nasional yang telah dilegalisir. Bagi lulusan 2018 menyertakan SKHUN sementara atau fotokopi.
10. Untuk peserta didik dengan prestasi ilmiah/non-ilmiah: melampirkan fotokopi sertifikat/ bukti prestasi (jika ada).
11. Pas foto berwarna berseragam terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
12. Semua berkas dimasukkan dalam map warna kuning untuk putra dan merah untuk putri.
13. Bagi pendaftar dari luar kota bisa melakukan pendaftaran dengan mengirimkan berkas pendaftaran via pos dan email : ppdb.smkitsi@gmail.com (dalam bentuk file scan)

III.WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

a. Waktu Pendaftaran

* Gelombang 1 : Tanggal 19 November 2018— 26 Januari 2019
Senin-Jumat : Pukul 08.00 s.d 14.00 WIB
Sabtu : Pukul 08.00 s.d 12.00 WIB

* Gelombang II : Tanggal 12 Maret 6 April 2019
Senin — Jumat : Pukul 08.00 s.d 14.00 WIB
Sabtu : Pukul 08.00 s.d 12.00 WIB (Pendaftaran

Gelombang 2 akan di buka jika Gelombang 1 belum memenuhi kuota)

b. Tempat Pendaftaran
Kampus SMKIT Smart Informatika Surakarta
Jl Srigunting VII No.9 Gremet Rt. 04/Rw. XI Manahan, Surakarta.

IV. CARA PENDAFTARAN

1. Pendaftaran dapat dilakukan secara kolektif melalui SMP/MTs asal peserta didik atau perorangan. Guru dari SMP/MTs asal mendaftarkan peserta didiknya yang memenuhi persyaratan di atas dengan menyertakan daftar peserta didik (format terlampir).
2. Bagi pendaftar perorangan berkas pendaftaran harus diantar langsung oleh calon peserta didik dan/atau orang tua.
3. Berkas persyaratan administrasi diserahkan kepada Panitia Pendataan Peserta Didik Baru SMKIT Smart Informatika paling lambat tanggal 26 Januari 2019 pada pukul 14.00 WIB.

V. BIAYA

Biaya pendaftaran dan pendidikan GRATIS.

VI. SELEKSI CALON PESERTA DIDIK

Seleksi calon peserta didik menggunakan dua tahap tes, yang terdiri dari:

1. Seleksi tes tahap pertama:

Jenis Tes : Tes TTA (Tahfidz, Tahsin, Arab), psikotes anak, dan wawancara orang tua
Hari/ Tanggal Ujian : Sabtu-Ahad, 2-3 Februari 2019
Waktu ujian : Pukul 07.00 WIB
Tempat ujian : Kampus SMK IT Smart Informatika. J1. Srigunting VII No.9 Gremet Rt. 04/Rw.XI Manahan, Banjarsari, Surakarta

2. Seleksi tes tahap kedua:

Jenis Tes : Tes akademik, dan wawancara anak
Materi ujian : Matematika, Bhs Inggris, Pengetahuan Agama Islam dan Komputer Dasar, kesehatan
Hari/ Tgl Ujian : Sabtu-Ahad, 2-3 Februari 2019
Waktu ujian : Pukul 07.00 WIB
Tempat ujian : Kampus SMK IT Smart Informatika. Jl. Srigunting VII No.9 Gremet Rt. 04/Rw.XI Manahan, Banjarsari, Surakarta

* Pengumuman Hasil Akhir PPDB 2018/2019 hari Selasa, 5 Maret 2019

VII. DAFTAR ULANG

1) Bagi yang dinyatakan lulus, daftar ulang dilakukan pada hari Selasa— Kamis, 12 — 14 Maret 2018
2) Persyaratan Daftar ulang ditentukan pada saat pengumuman hasil seleksi.

VIII. KETENTUAN LAIN

1) Panitia Pendataan Peserta Didik Baru SMKIT Smart Informatika berhak menolak calon peserta didik yang tidak memenuhi persyaratan administratif yang telah ditentukan. 2) Bagi calon peserta didik lulusan SMP/MTs tahun 2018 wajib menyerahkan Fotokopi Daftar Nilai Ujian Nasional/Sekolah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasioanal/Sekolah (SKHUN/S) selambat-lambatnya 3 hari setelah pengumuman kelulusan.
3) Calon peserta didik yang tidak menyerahkan Daftar Nilai Ujian Nasional/Sekolah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional/Sekolah (SKHUN/S) pada waktu yang telah ditentukan, Nilai tes akan diproses tanpa nilai Ujian Nasional dan UAS.
4) Calon peserta didik yang dinyatakan lulus seleksi dan tidak melakukan daftar ulang pada tanggal yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri.
5) Calon peserta didik yang dinyatakan lulus tetapi tidak lulus Ujian Nasional (UN) SMP/MTs dinyatakan gugur.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/ Ibu, kami mengucapkan terima kasih.