Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solopeduli Resmi Menjadi LAZ Tingkat Provinsi

Solopeduli Resmi Menjadi LAZ Tingkat Provinsi
Yayasan Solo Peduli Ummat (YSPU) atau lebih dikenal dengan Solopeduli resmi menjadi Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat Provinsi Jawa Tengah berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Kemenag Nomor 271 tentang Pemberian Izin Kepada Yayasan Solo Peduli Ummat Sebagai LAZ tingkat Provinsi. 

SK dari Kementerian Agama RI tersebut diserahkan Kasubdit Pemberdayaan LAZ Kemenag Dr H Ahmad Juraidi, MA kepada Ketua Pembina YSP Danie Soeoed di Puri Kencono Ballroom, Lor In Hotel, Sabtu (23/04/2016)

"Ini SK LAZ provinsi  pertama, dan baru satu-satunya diIndonesia," kata Ahmad Juraidi 

Solopeduli Resmi Menjadi LAZ Tingkat Provinsi

Pemberian SK tersebut dibarengkan dengan acara Seminar Strategi Mendapatkan Izin LAZ serta acara Pembinaan dan Sosialisasi PMA Nomor 5 tahun 2016 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif dalam Pengelolaan Zakat. Pembinaan akan dilakukan oleh Kasubdit Pemberdayaan Lembaga Zakat, Dr. Ahmad Juraidi.

Pembina YSPU, Supomo, menjelaskan izin YSPU sebagai LAZ skala Provinsi berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang menurut peraturan perundang undangan. 

Sementara Ketua YSPU, Sidik Anshori, menambahkan YSPU sudah melewati serangkaian tahapan hingga izin dari Kemenag turun. Dengan menjadi LAZ provinsi, nantinya YSPU akan semakin melebarkan sayapnya dalam menghimpun dana dari masyarakat di seluruh kabupaten di Jawa Tengah. Saat ini, YSPU sudah memiliki tujuh cabang kantor yang tersebar di wilayah Jawa Tengah. Sidik menargetkan tahun ini akan menambah dua kantor cabang di wilayah lain di Jawa Tengah.

"Perolehan izin ini sekaligus menjadi tantangan bagi YSPU agar bekerja lebih profesional," jelasnya.