Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daffa, Bocah Penderita Kulit Mengelupas Terima Santunan Dari Solopeduli

Mempunyai kulit sehat dan cantik adalah dambaan setiap orang. Kulit merupakan bagian tubuh yang dapat terlihat langsung oleh oranglain. Fungsi kulit bagi tubuh manusia antara lain sebagai garis depan pertahanan tubuh manusia dari patogen, zat kimia, sinar matahari, dan gangguan fisik. Selain itu sebagai alat perangsang terhadap panas dingin, sentuhan, tekanan, getaran, dan nyeri. Kita tidak dapat membayangkan bagaimana jadinya kalau daging dalam tubuh kita tidak dibalut dengan kulit.
 
Ternyata Allah SWT memberikan cobaan kepada pasangan Yulianto-Rahning, warga Dsn. Gunung Mas, Kel. Pagutan, Kec. Manyaran, Wonogiri. Anak pertama mereka, Januar Daffa Maulana terlahir secara premature dengan berat badan 1,7 kg. Tidak hanya itu, Daffa menderita penyakit tidak mempunyai pori-pori kulit di seluruh tubuh. Solopeduli menyambangi Daffa untuk menyalurkan santunan kesehatan, Jum’at (26/2).

Bocah dua tahun ini harus mendapat perawatan intensif. Setiap hari harus di olesi salep yang diperoleh dari RS. Moewardi dan minyak zaitun, seminggu sekali harus mandi susu murni yang dibeli langsung dari petani untuk perawatan kulitnya. Setiap bulan sekali harus kontrol ke RS. Moewardi dan setiap tiga minggu sekali harus suntik kromosom dengan biaya yang tidak murah, 15 juta  sekali suntik.

Suntik kromosom hanya dilakukan sekali, akhir tahun lalu. Mengingat terbatasnya dana dan kekhawatiran sang ibu melihat gejala efek samping seperti panas, gak nafsu makan, dan diare pasca suntik kromosom.

Hingga kini ia belum bisa berjalan karena telapak kakinya membengkak. Perlu ada perhatian khusus, terlebih waktu musim panas karena lapisan kulit mengelupas dan mengeras.
“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada solopeduli yang telah meringankan beban kami, semoga anak saya selelu diberi kesehatan dan kesembuhan,” kata sang ibu. (Sumber : Solopeduli)