Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rudi Hartono, Pria Lumpuh Multitalenta

Rudi Hartono, demikian nama lengkap lelaki ini. Warga RT 011/ RW 002 Desa Purworejo, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun ini mengalami kelumpuhan sejak belasan tahun silam. Namun, semangatnya bekerja melampaui orang normal pada umumnya.

Rudi Hartono bersama Ibunya

Catatan Madiun Pos, Rudi bahkan memiliki 19 lebih pekerjaan yang ia jalani dalam kesehariannya. Mulai memperbaiki mesin motor dan mobil, tambal ban dan pasang ban, perbaiki jok, strum aki, ngecat motor, stel velg, servis elektronik, modifikasi motor, hingga bongkar-pasang mesin. Semua ia lakukan di ruangan kamar depan rumahnya yang ia sulap menjadi bengkel.

Tak hanya itu, putra Mariyem ini juga masih membuat dan menjual sendiri mainan anak-anak dari kayu, bikin kaligrafi, jasa sablon, jasa jahit, jasa antar jemput, jual-beli kulit jok, hingga bikin rekayasa kaki palsu. Ia bahkan masih harus keliling ke sejumlah daerah di Jatim-Jateng, seperti Ngawi, Tulungagung, Sragen, Wonogiri untuk membeli dan menjual kembali jok bekas.

“Kaki saya memang lumpuh, tapi saya masih punya tangan,mata, hati, dan semangat bekerja,” ujar Rudi kepada Madiun Pos beberapa waktu lalu.