11 Tips SEO Instagram untuk Mengoptimalkan Akun Anda

Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana ya caranya agar saat seseorang mengetikkan kata kunci pada bilah pencarian Instagram maka akun Anda yang akan muncul? Nah, barangkali berikut ini bisa menjawab pertanyaan Anda di atas, dan membawa dampak positif untuk Anda

Saat ini, menguasai SEO Instagram sangat diperlukan seiring dengan pergeseran jejaring sosial yang memungkinkan pengguna menemukan konten dengan tujuan yang lebih besar. Artikel ini akan membahas cara terbaik untuk mengoptimalkan profil dan konten Anda dan dilihat oleh orang-orang yang secara aktif mencari merek dan produk yang serupa dengan milik Anda.

Apa itu SEO Instagram?

SEO Instagram adalah praktek mengoptimalkan konten Instagram Anda agar ditemukan dalam hasil pencarian di platform tersebut.

Saat seseorang menggunakan kotak pencarian Instagram untuk mencari kata-kata yang terkait dengan bisnis Anda, Anda ingin akun atau konten Anda muncul di dekat bagian atas daftar—dan dengan teknik SEO Instagram dapat membantu Anda mencapai tujuan ini.

Hasil pencarian Instagram mencakup konten, akun, audio, tagar, tempat, dan Reel yang relevan.

Ada juga halaman hasil kata kunci yang dimaksudkan untuk penelusuran. Setiap halaman hasil kata kunci (ditunjukkan dengan kaca pembesar) pada dasarnya adalah halaman Jelajahi untuk kata kunci tertentu.

Di bawah ini, kami menguraikan berbagai “jenis” SEO Instagram, atau bagian profil Anda yang dapat dioptimalkan untuk visibilitas yang lebih baik.

Biodata Instagram

Biodata Instagram Anda merupakan komponen penting SEO untuk Instagram. Biodata merupakan tempat penting untuk menyertakan kata kunci dan istilah pencarian yang relevan.

Gunakan bio Instagram Anda untuk menyediakan konteks bagi pengunjung manusia dan bot yang memberikan hasil pencarian.

Pertimbangkan poin-poin ini saat menulis bio Anda untuk SEO Instagram:

  • Siapa kamu?
  • Tentang apa konten Anda?
  • Kata-kata apa yang akan membantu orang, dan mesin pencari Instagram, menemukan konten Anda?

Nama Instagram

SEO nama Instagram mengacu pada pemilihan nama pegangan dan profil yang relevan dengan konten Anda dan menyertakan istilah yang akan digunakan orang untuk mencari akun seperti milik Anda.

Jika Anda dikenal dengan nama merek Anda, maka di situlah tempat terbaik untuk memulai. Jika ada ruang untuk kata kunci yang relevan di nama pengguna atau nama Anda, sertakan juga.

Teks alternatif Instagram

Teks alt di Instagram sama seperti teks alt di web. Teks ini berupa deskripsi teks dari gambar atau video yang membuat konten tersebut dapat diakses oleh mereka yang memiliki gangguan penglihatan. Teks ini juga memberikan deskripsi konten jika foto itu sendiri gagal dimuat.

Teks alt Instagram penting untuk SEO karena membantu Instagram lebih memahami isi konten Anda , dan karena itu lebih memahami apakah konten tersebut relevan dengan permintaan pencarian tertentu.

Mengapa SEO Instagram begitu penting?

Dulu orang-orang menemukan konten Instagram baru terutama melalui tagar atau halaman Jelajahi. Hari-hari seperti itu sudah berakhir. Sekarang, ketika orang ingin menemukan jenis konten tertentu di Instagram ( dan media sosial lainnya ), mereka menggunakan bilah pencarian.

Hootsuite menjalankan eksperimen untuk menguji SEO Instagram terhadap tagar. Postingan yang dioptimalkan untuk SEO memiliki jangkauan 30% lebih besar dan like dua kali lebih banyak. Jadi, jika Anda ingin menjangkau audiens relevan yang secara aktif mencari merek, produk, dan layanan yang serupa dengan Anda, SEO Instagram adalah strategi yang tepat untuk Anda.

Faktor peringkat SEO Instagram

SEO, secara umum, adalah sedikit seni, sedikit ilmu . SEO Instagram tidak berbeda. Tidak ada rumus pasti untuk melejitkan akun Anda ke peringkat teratas pencarian.

Namun, ada tiga faktor peringkat SEO Instagram spesifik yang membantu bot pencarian memahami konten apa yang akan disampaikan sebagai respons terhadap pencarian Instagram.

1. Cari teks

Tidak mengherankan bahwa apa yang diketik pengguna di bilah pencarian adalah sinyal terpenting untuk melakukan pencarian. Berdasarkan istilah pencarian, Instagram mencari nama pengguna, biodata, keterangan, tagar, dan lokasi yang relevan.

2. Aktivitas pengguna

Aktivitas pengguna merupakan metrik penting lainnya dalam SEO Instagram. Ini mencakup tagar dan akun yang diikuti dan digunakan pengguna , serta kiriman yang pernah dilihat pengguna sebelumnya —bahkan dari akun yang tidak diikuti. Akun dan tagar yang digunakan pengguna memiliki peringkat lebih tinggi daripada yang tidak diikuti.

Bahkan hubungan timbal balik pun membuat perbedaan. Lihat lagi hasil pencarian yang ditampilkan saat saya mencari “mode”. Hampir semua hasil teratas menunjukkan hubungan timbal balik. Hasil Anda sendiri untuk pencarian yang sama akan berbeda berdasarkan akun yang sudah terhubung dengan Anda.

3. Sinyal popularitas

Konten yang sudah populer kemungkinan besar akan mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Instagram menentukan popularitas menggunakan sinyal seperti jumlah klik, suka, bagikan, dan ikuti.

4. Sinyal peringkat khusus konten

Meskipun ada banyak faktor yang menentukan konten apa yang dipromosikan dan disembunyikan oleh algoritma, Instagram baru-baru ini merilis informasi lebih lanjut tentang cara kerja algoritma Instagram.

Menurut Instagram, setiap bagian dari aplikasi Instagram menggunakan algoritmanya sendiri. Ada algoritma untuk Reels, Stories, Feed posts, tab Explore, dan fungsi Search.

Artinya, agar konten Anda muncul lebih sering, berarti Anda harus memanfaatkan kebutuhan masing-masing algoritma tertentu.

11 tips SEO Instagram untuk meningkatkan jangkauan Anda

Siap untuk mendalami SEO untuk Instagram? Taktik ini akan membantu Anda tampil menonjol dan lebih sering muncul.

1. Gunakan kata kunci SEO Instagram dalam teks Anda

Langkah pertama Anda dalam menyampaikan strategi SEO Instagram yang efektif adalah memahami istilah pencarian apa yang digunakan orang untuk mencari konten seperti milik Anda , lalu memasukkannya dalam keterangan Anda.

Alat SEO gratis untuk penemuan kata kunci Instagram meliputi Google Analytics (untuk melihat kata kunci mana yang mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda) dan Google Trends untuk mengungkap kata kunci terkait lainnya untuk diuji dalam postingan Instagram Anda.

Anda juga dapat menggunakan bilah pencarian Instagram itu sendiri untuk menemukan kata kunci yang relevan. Mulailah mengetik kata kunci di bilah pencarian dan Anda akan melihat saran kata kunci yang mungkin ingin Anda tambahkan ke daftar kata kunci yang sudah ada.

2. Gunakan hashtag yang didorong oleh SEO

Instagram telah membagikan beberapa tips hashtag khusus agar muncul di hasil pencarian:

  • Gunakan hanya tagar yang relevan.
  • Gunakan kombinasi tagar yang terkenal, khusus, dan spesifik (misalnya yang bermerek atau berbasis kampanye).
  • Batasi tagar hingga 3 hingga 5 per posting.
  • Jangan gunakan tagar yang tidak relevan atau terlalu umum seperti #explorepage.

Menyembunyikan tagar dalam komentar tidak lagi berfungsi. Tagar perlu ditempatkan langsung dalam judul untuk memengaruhi hasil pencarian.

Jadi, apa hashtag terbaik untuk SEO di Instagram?

Hal itu bergantung pada bisnis dan audiens Anda. Untuk mengetahui tagar mana yang telah mengarahkan lalu lintas ke postingan Anda , lihatlah Wawasan Instagram Anda . Wawasan untuk setiap postingan akan memberi tahu Anda berapa banyak tayangan untuk postingan tersebut yang berasal dari tagar.

Jika Anda menggunakan beberapa tagar, analisis Instagram tidak akan memberi tahu Anda secara pasti tagar mana yang paling banyak digunakan. Namun, jika Anda tetap menggunakan 3 hingga 5 tagar yang direkomendasikan, Anda akan dapat menentukan tagar mana yang secara konsisten menghasilkan traffic dari waktu ke waktu.

Anda juga dapat menggunakan social listening untuk melihat tagar apa saja yang sudah digunakan oleh target audiens, pesaing, dan orang yang berpengaruh di industri Anda.

Terakhir, seperti halnya untuk kata kunci SEO Instagram, Anda dapat menggunakan bilah pencarian Instagram untuk beberapa riset tagar.

Ketik kata kunci ke dalam bilah pencarian, lalu ketuk Tag untuk melihat tagar teratas untuk kata kunci tersebut.

3. Optimalkan teks alt Anda

Teks alt menjelaskan konten Anda kepada orang-orang dengan gangguan penglihatan. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengomunikasikan konten Anda kepada bot SEO Instagram.

Instagram menggunakan teknologi pengenalan objek untuk membuat deskripsi otomatis setiap foto bagi mereka yang menggunakan pembaca layar. Informasi ini juga memberikan informasi kepada algoritma Instagram dan hasil pencarian tentang konten foto Anda.

Tentu saja, teks alt yang dibuat secara otomatis di Instagram tidak akan pernah sedetail teks alt yang dibuat oleh manusia.

Untuk menulis teks alt untuk foto yang sudah Anda posting, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih gambar yang ingin Anda tambahkan teks alt di kisi Anda.
  • Klik tiga titik di pojok kanan atas gambar. Lalu, klik Edit.
  • Pada layar Edit, pilih Edit Teks Alt di sudut kiri bawah.
  • Di sini, Anda dapat menambahkan teks alt khusus yang menjelaskan gambar Anda. Jangan ragu untuk menyertakan kata kunci di sini, tetapi hanya jika sesuai. Tujuan teks alt adalah untuk memberikan kejelasan pada gambar, dan Instagram dapat memberi Anda penalti jika Anda menggunakan fitur ini untuk memasukkan kata kunci.

Pastikan untuk mengikuti rekomendasi Instagram untuk teks alt:

  • Tambahkan konteks tentang objek, konsep, dan lokasi
  • Sertakan teks apa pun yang muncul di gambar
  • Buatlah 2-3 kalimat.

4. Gunakan subtitle untuk video

Instagram memiliki subtitel yang dibuat secara otomatis untuk video, yang sangat bagus untuk aksesibilitas. Namun, bonus tambahan dari penggunaan subtitel video yang menyertakan kata kunci target Anda adalah bahwa subtitel tersebut menyediakan lebih banyak konteks untuk SEO—baik di dalam Instagram maupun di mesin pencari biasa.

Menambahkan subtitle pada dasarnya memungkinkan perayap pencarian untuk memahami konten video Anda jauh lebih detail daripada sekadar teks sederhana.

Untuk menambahkan subtitle secara otomatis ke video Instagram Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Instagram dan klik foto profil Anda di sudut kanan bawah.
  • Kemudian, pilih tiga garis di sudut kanan atas untuk membuka pengaturan Anda.
  • Sekarang, gulir ke bawah dan pilih Aksesibilitas .
  • Klik Teks , lalu alihkan penggeser ke posisi aktif untuk menambahkan teks yang dibuat secara otomatis ke semua video baru.

5. Posting pada waktu yang tepat

Memposting pada waktu yang tepat merupakan faktor penting dalam memicu keterlibatan awal, yang memengaruhi sinyal peringkat popularitas. Mengetahui waktu terbaik untuk memposting memastikan konten Anda mendapat dorongan pencarian selagi masih relevan dan baru.

Fitur Waktu Terbaik untuk Memublikasikan Hootsuite (yang terdapat di bawah Analytics) memberi tahu Anda waktu terbaik untuk memposting di Instagram (serta Facebook, Twitter, LinkedIn, dan TikTok). Rekomendasi didasarkan pada kinerja Anda sebelumnya dan disesuaikan dengan audiens unik Anda dan pola aktivitas mereka di media sosial.

Namun, tidak ada waktu “terbaik” untuk menerbitkan segala sesuatu. Alat Waktu Terbaik untuk Menerbitkan melangkah lebih jauh dari yang lain dan menguraikan berbagai waktu yang disarankan untuk empat tujuan utama:

  • Memperluas jangkauan
  • Membangun kesadaran
  • Meningkatkan keterlibatan
  • Mengarahkan lalu lintas

Hal ini memungkinkan Anda untuk mencocokkan setiap konten dengan sasaran bisnis tertentu dan mengoptimalkan jadwal posting Anda untuk efektivitas maksimum.

6. Fokus pada bidang spesialisasi Anda

Kiat-kiat yang telah kita bahas sejauh ini berkaitan dengan posting individual. Sekarang kita beralih ke pembahasan tentang peningkatan visibilitas pencarian untuk seluruh akun Anda.

Tujuan fungsi pencarian Instagram adalah untuk memberikan hasil yang paling relevan kepada pengguna. Salah satu cara untuk menunjukkan relevansi tersebut adalah dengan memiliki tema yang konsisten pada akun Anda. Pilih ceruk pasar dan tetaplah pada ceruk pasar tersebut, posting konten relevan yang sesuai dengan serangkaian kata kunci yang konsisten.

Keseluruhan karya tersebut akan memberi tahu mesin pencari Instagram bahwa Anda memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan daripada sekadar satu unggahan tertentu.

Tetap fokus pada ceruk pasar juga merupakan cara yang baik untuk membangun pengikut yang loyal dan terlibat. Meskipun itu merupakan tujuan yang sangat baik, hal itu juga berkontribusi pada visibilitas pencarian, karena keterlibatan penting untuk sinyal peringkat popularitas.

7. Tambahkan lokasi ke bio Anda

Sertakan lokasi di biodata Anda jika relevan dengan bisnis Anda. Hanya akun Bisnis yang dapat menambahkan lokasi , jadi ini adalah satu alasan lagi untuk beralih ke akun bisnis jika Anda belum melakukannya.

Untuk menambahkan lokasi profil untuk SEO bio Instagram, buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon profil Anda . Klik Edit Profil , lalu Opsi Kontak . Masukkan alamat Anda, bisa spesifik atau umum sesuai keinginan Anda. Anda dapat memasukkan alamat jalan tertentu jika relevan, atau cukup gunakan kota Anda.

Pastikan Anda mengaktifkan bilah geser untuk Menampilkan info kontak.

Lokasi Anda hanya muncul di halaman profil Anda di aplikasi, bukan di versi web Instagram. Namun, setelah lokasi Anda ditautkan ke akun Anda, lokasi tersebut menjadi sinyal peringkat bagi mesin pencari Instagram, terlepas dari apakah audiens Anda menggunakan aplikasi atau web.

*Untuk poin pencarian Instagram, pastikan lokasi bisnis Anda dapat ditandai sehingga muncul di peta pencarian Instagram.

8. Berinteraksi dengan akun yang memiliki peringkat untuk kata kunci target Anda

Berinteraksi dengan akun yang sudah memiliki peringkat untuk kata kunci target Anda membantu Instagram memahami ceruk pasar yang sesuai dengan akun Anda melalui sinyal peringkat aktivitas pengguna.

Namun, selain itu, berinteraksi dengan sesama pengguna Instagram adalah cara yang baik untuk mendorong mereka agar berinteraksi kembali dengan Anda . Dan, seperti yang telah kami katakan beberapa kali, interaksi adalah sinyal peringkat popularitas yang sangat penting , jadi ini adalah cara mudah untuk mendapatkan keuntungan ganda pada faktor peringkat. Ini juga merupakan praktik terbaik Instagram secara umum!

9. Ikuti Pedoman Rekomendasi

Hasil pencarian Instagram mempertimbangkan Pedoman Rekomendasi Instagram . Akun yang melanggar pedoman ini akan muncul di bagian bawah hasil pencarian atau tidak akan muncul sama sekali dalam pencarian.

Perlu diingat bahwa Pedoman Rekomendasi tidak sejelas Pedoman Komunitas . Singkatnya, jika Anda melanggar Pedoman Komunitas, konten Anda akan dihapus dari Instagram sepenuhnya. Jika Anda melanggar Pedoman Rekomendasi, konten Anda akan tetap muncul di platform, tetapi akan lebih sulit ditemukan.

Instagram menyarankan agar feed konten menghindari menampilkan konten yang “berkualitas rendah, tidak pantas, atau sensitif,” serta konten yang “mungkin tidak pantas untuk pemirsa yang lebih muda.” Berikut adalah beberapa contoh spesifik tentang apa yang TIDAK boleh dilakukan:

  • Umpan klik atau umpan keterlibatan
  • Klaim kesehatan yang dilebih-lebihkan
  • Konten tidak asli disalin dari sumber lain
  • Klaim atau konten yang menyesatkan
  • Membeli like
  • Konten tentang kekerasan atau menyakiti diri sendiri
  • Konten yang eksplisit atau mengandung unsur seksual

Pastikan Anda berada di sisi yang benar dari Pedoman Rekomendasi dengan memeriksa status akun Anda (tersedia di akun Bisnis dan Kreator).

Dari profil Anda, ketuk ikon menu, lalu Pengaturan > Status Akun.

Di sini Anda akan melihat apakah ada hal yang Anda posting melanggar pedoman, dan apa yang harus Anda lakukan terhadapnya.

10. Pertimbangkan Meta Verified

Meta Verified adalah paket verifikasi berbayar yang mencakup “peningkatan visibilitas dan jangkauan dengan keunggulan di beberapa area platform—seperti pencarian, komentar, dan rekomendasi.”

Pengguna yang terverifikasi mendapatkan tanda centang biru yang disematkan di samping nama pengguna mereka , serta beberapa fitur bonus lainnya seperti dukungan akun, perlindungan akun, dan stiker eksklusif di Reels dan Stories.

Meta Verified saat ini tersedia untuk semua profil yang:

  • Berusia lebih dari 18 tahun
  • Memenuhi persyaratan posting minimum (berdasarkan riwayat posting sebelumnya)
  • Memiliki foto profil yang jelas yang menunjukkan wajah mereka
  • Memiliki nama pengguna yang sesuai
  • Kirimkan tanda pengenal yang dikeluarkan pemerintah untuk memverifikasi identitas
  • Aktifkan autentikasi dua faktor
  • Mengkuti Ketentuan Penggunaan Meta dan Pedoman Komunitas

Anda juga harus membayar sekitar USD $14,99 per bulan untuk mempertahankan verifikasi Anda. Namun, mungkin akan sepadan jika akun Anda muncul di lebih banyak hasil pencarian yang mendatangkan lebih banyak keuntungan bisnis bagi Anda.

11. Hindari Watermark pada Reel

Instagram akhirnya menjawab pertanyaan yang sudah lama diajukan: apakah membagikan Reel di berbagai platform membuat peringkatnya lebih rendah?

Jawabannya adalah ya. Namun, bukan karena alasan yang Anda pikirkan.

Instagram tidak peduli jika Anda membagikan Reel Anda di TikTok, YouTube Shorts, atau platform video berdurasi pendek lainnya. Mereka tidak ingin melihat tanda air yang tidak rapi atau video berpiksel yang tidak terlihat bagus di platform mereka.

Karena alasan ini, Reel apa pun yang mengandung tanda air, baik itu logo TikTok atau logo dari platform penyuntingan video, akan mendapat peringkat lebih rendah . Meski begitu, mengedit Reel di luar Instagram tidak akan memengaruhi peringkat Anda.

Untuk menghindari penalti, dan untuk membantu konten Anda dilihat oleh lebih banyak orang, pastikan untuk menghapus watermark sebelum mengunggah Reel Anda ke Instagram.

Itu tadi 11 Tips SEO Instagram untuk Mengoptimalkan Akun Anda l yang bersumber dari Hootsuite . Semoga bermanfaat.

Seorang yang tertarik dengan dunia internet marketing. Saat ini mengelola beberapa blog dengan berbagai niche sebagai sarana berbagi informasi

You might also like
Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Coding: Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Coding: Panduan Lengkap untuk Pemula

Domain vs Hosting: Apa Bedanya dan Mana yang Kamu Butuhkan?

Domain vs Hosting: Apa Bedanya dan Mana yang Kamu Butuhkan?

Perbedaan Website Statis dan Dinamis: Panduan Lengkap untuk Pemula

Perbedaan Website Statis dan Dinamis: Panduan Lengkap untuk Pemula

Apa Itu Website? Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya di Era Digital

Apa Itu Website? Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya di Era Digital