10 Tools Terbaik Untuk Mengubah Gambar Menjadi Teks

Diposting pada

Bagaimana cara mengubah gambar menjadi teks? Apakah Anda salah satu yang berharap bisa mengubah gambar menjadi kata-kata? Nah, kalau begitu, Anda datang ke tempat yang tepat. Selamat datang di artikel ini.

Karena kemajuan teknologi, untuk mengubah gambar menjadi teks sangat mudah. Anda memerlukan teknologi Optical Character Recognition (OCR).

Apa Itu Teknologi Optical Character Recognition (Ocr)?

OCR atau Optical Character Recognition merupakan teknik perangkat lunak canggih yang memungkinkan komputer mengubah dokumen kertas, tulisan tangan, atau gambar statis menjadi teks dan PDF yang dapat diedit.

Dengan kemajuan teknologi, software OCR kini digunakan sebagai jalan pintas produktivitas oleh banyak pelajar, peneliti, guru, dokter, pengacara, dan pekerja kantoran.

Bagaimana Cara Kerja Teknologi Optical Character Recognition (Ocr)?

Umumnya, OCR bekerja dengan memindai dan menganalisis dokumen menggunakan pemindai dan menyimpannya dalam format JPEG atau PDF. File yang dipindai dan disimpan kemudian diproses oleh perangkat lunak OCR di mana angka dan huruf dikenali dan kemudian diubah menjadi teks, file kata yang dapat diedit, atau PDF yang dapat dicari.

Jika diperlukan, perangkat lunak OCR juga memasukkannya melalui pemeriksa ejaan untuk “menebak” setiap dan semua kata yang tidak dikenal. Saat ini, ini dianggap sebagai salah satu cara tercepat untuk mengubah teks dalam gambar menjadi sesuatu yang dapat Anda edit dengan pengolah kata.

Mengapa Kita Membutuhkan Teknologi Optical Character Recognition (Ocr)

Seperti yang telah dibahas di awal, teknologi OCR memungkinkan kita untuk mengikuti budaya tanpa kertas dan lebih siap menerimanya. Tetapi apakah itu satu-satunya alasan mengapa kita membutuhkan OCR? Jawabannya adalah tidak. Menulis ulang dokumen untuk keperluan digitalisasi bisa memakan banyak waktu.

Oleh karena itu, daripada membuang banyak waktu untuk itu, yang terbaik adalah membiarkan OCR melakukan tugasnya. Ini membebaskan kita dari kerumitan yang melelahkan untuk menyalin teks tertulis. Ini juga mengurangi waktu pencarian untuk dokumen tertentu, ruang penyimpanan dokumen berbasis kertas dan, pada saat yang sama, meningkatkan efisiensi alur kerja.

Selain itu, untuk menambah manfaat lingkungan, perangkat lunak OCR juga berkontribusi dalam mengurangi penggunaan kertas. Ini berarti lebih sedikit penebangan pohon dan lebih banyak oksigen untuk semua orang!

Sekarang setelah Anda mengetahui semua tentang OCR dan penggunaannya, lihat 10 alat online terbaik untuk pengonversi gambar ke teks:

1. FreeOCR (Windows 10)

FreeOCR adalah perangkat lunak OCR gratis dasar yang menawarkan semua fungsionalitas inti yang mungkin Anda perlukan dari perangkat lunak jenis ini. Ini adalah aplikasi OCR khusus Windows yang menjanjikan akurasi 99,8 persen. Tools ini mendukung semua format gambar utama serta file Photoshop.

FreeOCR menggunakan mesin Open Source yang pada awalnya dikembangkan oleh Hewlett Packard dan akhirnya dirilis oleh Google sehingga semua orang dapat menggunakannya. Ini mempertahankan format asli file Anda dan mentransfer teks yang dikenali menjadi file MS Word yang dapat diedit. Ini berarti Anda tidak perlu menghabiskan waktu lagi untuk menggambar persegi panjang di sekitar blok teks yang terpisah.

2. Microsoft OneNote

Microsoft OneNote sebagian besar adalah penyimpan catatan yang juga dapat bertindak sebagai OCR. Faktanya, ia memiliki fungsionalitas OCR tingkat lanjut yang bekerja pada gambar dan catatan tulisan tangan. Tools ini menawarkan metode sederhana dan mudah untuk Pengenalan Karakter Optik dengan sedikit batasan yang tidak mendukung tabel dan kolom.

Jadi, yang harus Anda lakukan hanyalah menyeret pindaian atau gambar yang disimpan ke OneNote. Kemudian, klik kanan pada gambar dan pilih opsi ‘Salin Teks Dari Gambar’. Setelah Anda melakukannya, teks yang dikenali secara optik disalin masuk ke clipboard, dan, sekarang, Anda dapat menempelkannya kembali ke OneNote atau ke program apa pun seperti Word atau Notepad untuk pengeditan lebih lanjut.

Namun demikian, satu detail kecil harus diperhatikan: keakuratan OCR juga bergantung pada kualitas foto. Semakin kabur tulisan tangannya, semakin kurang akurat hasilnya.

3. SimpleOCR (Windows 10)

Beberapa orang mungkin menyebut SimpleOCR agak ketinggalan jaman, tetapi pada kenyataannya, tools ini sangat mendasar dan mudah digunakan. Ini adalah paket OCR dasar yang dapat mengubah dokumen yang diketik menjadi teks, langsung dari pemindai Anda. Muncul dengan uji coba gratis selama 14 hari untuk pengenalan tulisan tangan dan pengenalan cetak mesin yang tidak dibatasi.

Kekurangan di SimpleOCR yaitu dokumen multi-kolom. Jika Anda memiliki dokumen yang menunjukkan bentuk kerumitan yang berhubungan dengan kolom atau yang tidak memiliki pemindaian yang sangat tajam, SimpleOCR tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya. Tetapi sebaliknya, tools ini melakukan pekerjaan yang cukup baik dengan teks normal dan menyimpannya dalam format DOC atau TXT setelah konversi selesai.

4. Photo Scan (Windows 10)

Photo Scan adalah aplikasi Windows 10 OCR gratis yang dapat Anda unduh dengan mudah dari Microsoft Store. Pada dasarnya, aplikasi ini adalah pemindai OCR dan pembaca kode QR yang digabungkan menjadi satu. Yang harus Anda lakukan adalah mengarahkan aplikasi ke gambar atau cetakan file. Jika mau, Anda juga dapat menggunakan webcam Komputer Pribadi Anda sehingga mendapat gambar untuk dilihat. Teks akan segera dikenali dan ditampilkan di jendela yang berdekatan. Selain itu, sorotan aplikasi ini adalah fitur teks ke ucapan yang tidak umum.

Jika Anda mengklik ikon speaker, aplikasi akan mulai membaca dengan lantang apa pun yang baru saja dipindai. Ini mungkin tidak terlalu bagus dengan teks tulisan tangan, tetapi pengenalan teks tercetak benar-benar akurat. Terakhir, setelah semuanya selesai, Anda dapat dengan mudah menyimpan teks OCR dalam berbagai format seperti Teks, HTML, Teks Kaya, XML, format Log, dll.

5. Microsoft Office Document Imaging (MODI)

Microsoft Office Document Imaging, disingkat MODI, menghadirkan OCR yang mampu mengubah teks tercetak Anda pada gambar menjadi file Word yang dapat diedit dan dicari. Namun, tidak banyak yang bisa dikatakan tentang teks tulisan tangan karena sebagian besar hasilnya tidak akurat dan tidak dapat diandalkan.

Kekurangan dari MODI adalah batasan format file TIFF. Hal ini berarti Anda perlu mengonversi file JPEG Anda ke dalam format TIFF dengan aplikasi grafik apa pun sebelum proses konversi. Setelah Anda selesai melakukannya, sisa prosesnya sangat sederhana.

Yang harus Anda lakukan adalah membuka gambar di MODI, pilih opsi ‘Kenali Teks Menggunakan OCR’ (cari ikon mata kecil), dan klik ikon ‘Kirim Teks ke Word’. Itu saja, hasil konversi disimpan dalam file MS Word dengan teks yang dapat diedit untuk keperluan pengeditan lebih lanjut.

6. Easy Screen OCR (Windows, Mac, iOS & Android)

Easy Screen OCR adalah perangkat lunak OCR yang mengandalkan mesin pengenalan berbasis cloud yang diberdayakan oleh Google. Ini tidak sepenuhnya gratis karena memerlukan biaya berlangganan setelah 20 penggunaan. Tapi itu layak disebutkan dalam daftar ini karena cepat dan nyaman digunakan. Sekarang karena ini berbasis cloud dan diberdayakan oleh Google, itu berarti Anda harus memiliki koneksi internet aktif agar perangkat lunak berfungsi dengan baik.

Jadi jika Anda tidak menghadapi masalah apa pun dengan itu, Anda akan menemukan alat ini sangat berguna. Sekarang sampai pada bagian paling keren tentang alat ini: Anda dapat menyetel bahasa pengenalan untuk OCR di Preferensi perangkat lunak yang mendukung lebih dari 100 bahasa. Ini terutama karena perangkat lunak tersebut menggunakan mesin OCR Google.

Jadi, jika Anda ingin menerjemahkan (misalnya) teks Korea, Anda cukup mengambil tangkapan layar dan membuat Easy Screen OCR melakukan penghormatan untuk Anda. Tunggu sebentar, ini tidak berakhir di sini. Jika Anda sering menggunakan, Easy Screen OCR membantu Anda memiliki opsi untuk mengatur tombol pintas khusus.

7. (A9t9) Free COR Software (Windows10)

(A9t9) Free COR Softwares adalah aplikasi Platform Windows Universal. Ini pada dasarnya berarti Anda bebas menggunakannya dengan perangkat Windows apa pun yang Anda miliki. Aplikasi A9t9 adalah aplikasi gratis dan Open Source dan hadir tanpa pamrih sama sekali.

Hal ini berarti tools ini sama sekali tidak ada iklan dan menjanjikan kinerja OCR yang cukup kuat. (A9t9) mendukung total 21 bahasa untuk mengurai gambar dan PDF ke teks.

8. Boxoft Free OCR

Boxoft Free OCR merupakan tools online multibahasa yang dapat digunakan untuk ekstraksi teks dari semua jenis gambar. Ini dapat memindai, menganalisis, dan memproses semua dokumen file kertas Anda dalam rentang waktu yang sangat singkat dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Hasil konversinya sangat bagus untuk pengenalan cetakan mesin. Namun, ia kurang mengenali catatan tulisan tangan. Tapi sekali lagi, tools ini menganalisis dan mengidentifikasi secara akurat setiap dan semua tata letak multi-kolom.

9. Capture2Text (Windows 10)

Capture2Text merupakan perangkat lunak OCR gratis untuk Windows 10 yang memungkinkan Anda memiliki pintasan keyboard dengan cepat untuk OCR apa pun yang ada di layar. Tools ini juga tidak memerlukan instalasi apa pun karena ini adalah aplikasi portabel. Capture2Text juga merupakan aplikasi yang sangat menarik yang memiliki fungsi yang sempit, tetapi sangat berguna. Ini terutama menggunakan mesin OCR Google dan mendukung total 100+ bahasa.

Tools online ini mungkin tidak mewah seperti opsi lain dalam daftar ini, tetapi ini bisa menjadi perangkat lunak yang hebat jika Anda menginginkan ekstraksi teks yang cepat dari gambar yang Anda tangani.

10. Adobe Scan (Android & iOS)

Adobe Scan merupakan pemindaian kamera yang dirancang dengan baik dan aplikasi OCR yang dapat berjalan di Android dan iOS.

Dokumen terakhir keluar sebagai PDF, yang kemudian dapat Anda edit secara langsung. Anda juga dapat menyalin teks ke pengolah kata pilihan Anda tanpa kerumitan dan kemudian melanjutkan pengeditan.

Perangkat lunak Adobe OCR hadir dengan fitur luar biasa untuk dapat mengenali tulisan tangan. Di antara banyak fungsi lainnya, Adobe Scan memiliki kemampuan untuk memindai, OCR, dan kontak secara otomatis dari kartu nama. Ini membantu Anda menghemat banyak waktu.

Kesimpulan

Seperti yang Anda ketahui dari daftar di atas, ada banyak koleksi alat online gratis di pasaran yang menggunakan program perangkat lunak Pengenalan Karakter Optik untuk konversi gambar ke teks. Jadi, saya harap artikel ini membantu Anda menemukan alat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan menghemat waktu Anda yang berharga.