Profil Bisnis Google Anda (sebelumnya Google Bisnisku) merupakan alat yang ampuh namun sering kali kurang dimanfaatkan untuk menarik perhatian calon pelanggan ke situs web Anda . Meskipun banyak bisnis berfokus pada SEO untuk meningkatkan peringkat pencarian, menerapkan beberapa penyesuaian pada Profil Bisnis Google Anda dapat memberikan dampak yang lebih langsung.
Dengan menyediakan ikhtisar dinamis tentang bisnis Anda dan menonjolkan fitur-fitur terbaiknya, profil Anda memungkinkan untuk ditemukan calon pelanggan dan berinteraksi dengan bisnis Anda langsung di SERP, tanpa harus membayar iklan. Dan tidak seperti SEO, mengoptimalkan Profil Bisnis Anda hanya memerlukan waktu beberapa menit.
Sebelum kita membahas cara mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda, mari luangkan waktu sejenak untuk melihat alasannya.
Pada dasarnya, Anda ingin mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda karena tiga alasan.
Khususnya untuk bisnis jasa , tampil di hasil penelusuran lokal sangat penting untuk menarik lebih banyak pelanggan . Karena algoritme Google mempertimbangkan kualitas informasi dan aktivitas di Profil Bisnis Anda saat menarik hasil penelusuran, menambahkan kode pos dan mengakhirinya saja tidak cukup untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam penelusuran lokal.
Hal yang sama berlaku untuk profil yang hanya memuat sedikit informasi. Semakin banyak pelanggan yang melakukan apa yang disebut sebagai “pencarian tanpa klik” — dengan kata lain, mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus mengunjungi situs web. Jadi, jika Anda ingin menarik lebih banyak pelanggan, penting untuk memberi mereka informasi langsung di Google.
Dan terakhir, Profil Bisnis yang sukses muncul di sebanyak mungkin SERP yang relevan. Profil standar akan mendapat peringkat untuk beberapa kata kunci jika Anda beruntung, sedangkan profil yang dioptimalkan akan muncul tidak hanya di lebih banyak hasil pencarian tetapi juga akan menghasilkan lebih banyak konversi.
Mengapa? Karena profil yang dioptimalkan memberi klien opsi untuk menelepon, meminta penawaran, memesan janji temu , mengunjungi situs web Anda, membaca FAQ, meninggalkan ulasan , dll.
Dengan kata lain, profil tersebut dapat ditindaklanjuti. Dan karena meningkatkan tindakan pelanggan adalah alasan Anda ada di sini, hal itu menjadi alasan yang cukup kuat untuk mengoptimalkan profil bisnis Anda di sana.
Cukup banyak profil bisnis yang tidak mencantumkan informasi penting seperti alamat situs web atau jam operasional. Memiliki profil yang lengkap membantu Anda mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian lokal dan meningkatkan tindakan pelanggan.
Bagian-bagian penting yang harus diisi adalah, tentu saja: nama, alamat, telepon, situs web, jam buka. Bagian-bagian tambahan seperti produk dan layanan, Tanya Jawab, “dari perusahaan,” dll., akan memerlukan sedikit pemikiran lebih lanjut tetapi sangat penting untuk profil yang lengkap.
Kiat: Saat melengkapi bagian yang tampaknya opsional ini, tempatkan diri Anda pada posisi calon pelanggan. Asumsikan mereka tidak tahu apa pun tentang Anda — apa yang ingin mereka ketahui tentang bisnis Anda secara sekilas?
Saat mengisi profil, pastikan informasi kontak Anda sesuai dengan informasi yang sudah tersedia untuk bisnis Anda. Ketidakkonsistenan apa pun — seperti “st” di situs web dan “street” di profil bisnis — dapat memengaruhi peringkat kredibilitas Anda secara negatif dalam Algoritme Google, yang berarti Anda cenderung tidak muncul di SERP.
Elemen tertentu dari Profil Bisnis Google Anda berada di luar kendali Anda, seperti deskripsi singkat di bawah nama bisnis Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk memanfaatkan elemen apa pun yang dapat Anda kendalikan sepenuhnya secara kreatif.
Bagian “dari bisnis” muncul di bawah ulasan Anda dan merupakan tempat terbaik untuk menjelaskan apa yang membuat bisnis Anda unik dan mengapa pelanggan harus memilih Anda dibandingkan pesaing.
Tip: Beberapa hal yang perlu diingat saat menyusun deskripsi yang sempurna adalah:
84% tampilan Profil Bisnis berasal dari discovery searches, misalnya “perawat hewan peliharaan di dekat saya”, yang mana penting untuk menempatkan diri Anda dalam kategori yang tepat. Jika Anda termasuk dalam lebih dari satu kategori, misalnya “perawat hewan peliharaan” dan ” perawat hewan peliharaan keliling “, Anda dapat menambahkan kategori tambahan tetapi pastikan untuk menggunakan kategori yang paling umum sebagai kategori utama Anda.
Setelah memilih opsi yang paling sesuai untuk bisnis Anda, Anda mungkin melihat fitur khusus kategori tambahan tersedia untuk Anda, seperti opsi untuk menambahkan tombol reservasi. Seperti yang telah dibahas pada cara pertama, pastikan untuk memanfaatkan sepenuhnya penawaran Google dan mengisi setiap bagian.
Jika hal ini tidak langsung terlihat dari judul bisnis Anda atau bisnis Anda menawarkan berbagai layanan, bagian “produk dan layanan” merupakan cara mudah untuk mengiklankan apa yang Anda lakukan. Bagian ini khususnya berguna jika Anda menawarkan layanan yang lebih terspesialisasi atau menyediakan lini produk yang tidak ditawarkan oleh pesaing lain.
Tips: Sertakan nama, deskripsi singkat, dan harga untuk setiap produk atau layanan yang tercantum.
Bagian atribut Profil Bisnis Google mungkin penting atau tidak, tergantung pada bisnis Anda. Namun, tidak ada salahnya untuk mengisinya. Atribut umum akan mencakup topik seperti aksesibilitas, fasilitas, penawaran, pembayaran , dll. Untuk daftar lengkap atribut, klik di sini .
Jika Anda pernah melihat foto di Profil Bisnis, foto tersebut muncul di sana dengan salah satu dari dua cara; pelanggan yang mempostingnya, atau bisnis itu sendiri. Meskipun konten yang dibuat pelanggan dapat menjadi tambahan yang berharga untuk profil Anda, konten tersebut tidak selalu akan menjadi gambar berkualitas terbaik atau menggambarkan bisnis Anda dengan cara terbaik (bahkan jika pengalaman mereka positif).
Jadi, sebaiknya lengkapi foto pelanggan dengan foto yang Anda ambil sendiri, terutama karena iklan yang disertai gambar dua kali lebih mungkin tampak bereputasi baik dibandingkan dengan profil yang “kosong”.
Foto yang bagus untuk disertakan adalah:
Kiat: Posting foto secara teratur karena profil yang aktif akan mendapat peringkat lebih tinggi dalam algoritma, dan pelanggan senang melihat foto yang diperbarui
Jika Anda ingin mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda, sekarang saatnya untuk menghubungi pelanggan dan meminta mereka untuk memberikan masukan.
62% pelanggan akan meninggalkan ulasan jika diminta, dan Anda dapat memulai dengan pelanggan Anda yang paling loyal terlebih dahulu. Mereka yang memiliki hubungan jangka panjang dengan bisnis Anda cenderung akan membantu.
Kiat: Permudah pelanggan untuk mengulas bisnis Anda dengan menyertakan tautan melalui kontak pelanggan, menuliskan di nota penjualan, dll,
Salah satu fitur yang paling diremehkan di Profil Bisnis Google adalah bagian “Pertanyaan & Jawaban”. Untuk meningkatkan jumlah prospek berkualitas yang Anda terima, buat Tanya Jawab Anda sendiri yang berisi pertanyaan yang sering ditanyakan atau jawaban yang ingin diketahui pelanggan Anda.
Beberapa pertanyaan umum termasuk “Apakah ada tempat parkir?” dan “Apakah mereka menerima kartu kredit?” Pertimbangkan seseorang yang tidak tahu apa pun tentang bisnis Anda dan buat serangkaian pertanyaan dan jawaban yang mungkin ingin mereka ketahui sebelum memesan layanan Anda.
Kiat: Siapa pun dapat memposting pertanyaan dan jawaban, jadi pastikan untuk menyiapkan peringatan sehingga Anda dapat segera menanggapi pertanyaan yang masuk dan menghapus jawaban apa pun yang berisi informasi yang salah.
Mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda bukanlah pekerjaan yang bisa selesai dalam sekali jalan. Seperti yang telah kita ketahui, profil yang aktif akan mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian lokal daripada profil yang tidak aktif. Dengan mengingat hal itu, perlakukan Profil Bisnis Anda seperti platform media sosial lainnya dan perbarui secara berkala. Anda tidak perlu memposting sesering Facebook atau Instagram, tetapi tanggapi ulasan dan pertanyaan dengan segera dan unggah foto baru setidaknya sebulan sekali.
Anda juga dapat mengeposkan pembaruan yang muncul di bawah ulasan Anda dan “dari bagian bisnis”. Ini adalah cara hebat lainnya untuk menjaga profil Anda tetap terkini dan cara mudah untuk mengiklankan penawaran/promosi atau acara dengan cepat dan membuat pengumuman.
Kiat: Sertakan tautan dan CTA dalam pembaruan Anda sehingga orang dapat segera mengambil tindakan.
10. Tambahkan Link Media Sosial ke Profil Bisnis
Bagikan informasi selengkapnya tentang bisnis Anda melalui link media sosial. Sekarang, Anda dapat mengelola link media sosial yang ditampilkan kepada pelanggan di Google Profil Bisnis..
Anda dapat menambahkan salah satu link media sosial berikut ke Profil Bisnis Anda:
Sekarang setelah Anda mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda, Anda perlu memastikan kerja keras Anda tidak sia-sia. Di sinilah pemeliharaan profil berperan, tetapi jangan khawatir, itu tidak memakan waktu seperti kedengarannya!
Langkah perawatan mudah yang dapat dilakukan adalah pemindaian informasi secara berkala untuk memeriksa keakuratannya. Langkah ini penting jika Anda memiliki jam kerja yang berbeda-beda.
Frekuensi: Bulanan
Menjaga profil Anda tetap aktif membantu Anda untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian dengan memberi tahu algoritma bahwa bisnis Anda masih aktif! Dorong pelanggan untuk memposting ulasan dan pastikan Anda menerbitkan foto dan pembaruan secara konsisten.
Frekuensi: Dua minggu sekali hingga bulanan tergantung masukan pelanggan
Terakhir, untuk meningkatkan posisi Anda di hasil pencarian dan daya tarik Anda di mata pelanggan, pastikan untuk menanggapi ulasan dan pertanyaan yang masuk. Bergantung pada ukuran tim Anda dan banyaknya ulasan/pertanyaan yang masuk, pelanggan sebaiknya menunggu tidak lebih dari 24 jam MAKSIMAL untuk mendapatkan tanggapan.
Frekuensi: Sesuai kebutuhan
Untuk mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda, pastikan profil Anda lengkap, informasinya akurat (dan sama di seluruh web), dan Anda mengeposkan pembaruan dan foto secara teratur. Terkait Tanya Jawab , berpikirlah seperti pelanggan, dan pastikan untuk mengumpulkan ulasan sebisa mungkin. Oh, dan jangan lupa untuk memilih kategori yang tepat . Anda akan terkejut dengan banyaknya orang yang salah dalam menjawab pertanyaan tersebut.